4 Tips Memaksimalkan Pemasukan dari Usaha Online  

Dalam menjalankan sebuah usaha, butuh strategi khusus agar pemasukan atau keuntungan yang Anda peroleh bisa optimal. Hal tersebut berlaku baik untuk usaha yang dijalankan secara offline maupun online. Khusus bagi Anda yang menjalankan usaha online, di bidang apapun usahanya tersebut, bisa ikuti 4 tips berikut ini agar bisa meningkatkan keuntungan yang Anda peroleh.

  1. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Media sosial merupakan media promosi yang paling tepat untuk mempromosikan usaha yang Anda jalankan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memanfaatkan media sosial tersebut dengan seoptimal mungkin, agar pemasukan yang Anda peroleh bisa meningkat. Selain dengan membuat akun media sosial khusus untuk usaha Anda, jangan ragu untuk menggunakan jasa para influencer.

Para influencer misalnya seperti selebgram merupakan pihak yang sangat pas untuk Anda pilih dalam hal melakukan promosi atas usaha yang Anda jalankan. Apalagi jika pengikut media sosial influencer tersebut terbilang tinggi. Exposure yang tinggi atas iklan yang dilakukan oleh influencer tersebut maka akan semakin membuat produk usaha Anda jadi dikenal.

  1. Manfaatkan Platform Marketplace

Marketplace yang saat ini begitu banyak tersedia, sangat pas untuk Anda manfaatkan sebagai tempat penjualan produk usaha Anda. Jangan hanya merasa cukup dengan menjalankan usaha online via media sosial saja. Buka pula toko resmi Anda di beragam marketplace yang ada, sehingga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas lagi di luar sana.

Deretan fitur yang dimiliki oleh marketplace akan mendatangkan kemudahan dan keuntungan tersendiri bagi Anda sebagai pemilik usaha. Lihat saja misalnya fitur gratis ongkos kirim, yang membuat konsumen tak berpikir dua kali untuk membeli barang. Jadi, jangan heran pula jika lebih banyak konsumen memilih belanja di toko pada marketplace, dibanding dengan situs usaha sendiri.

  1. Beri Apresiasi bagi Pelanggan

Siapa sih yang tak merasa senang jika diberi apresiasi atas tindakannya? Hal yang sama juga berlaku  bagi konsumen yang membeli produk atau menggunakan jasa Anda, loh! Oleh sebab itu, jangan ragu untuk memberikan apresiasi bagi konsumen yang telah membeli produk atau menggunakan jasa usaha Anda, agar mereka tertarik untuk kembali menggunakannya lagi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengapresiasi pelanggan ini. Anda bisa berikan diskon khusus bagi pembelian produk atau jasa di waktu tertentu. Bisa juga, Anda berikan kupon gratis pembelian barang atau jasa, setelah sebelumnya melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Dengan cara ini, para konsumen pasti tak berpikir dua kali untuk kembali membeli lagi.

  1. Kurangi Biaya Operasional Usaha

Memaksimalkan pemasukan usaha bisa dilakukan dengan mengurangi biaya operasional usaha tersebut. Biaya operasional tersebut mencakup biaya yang dikeluarkan misalnya untuk menggaji karyawan, pajak, sewa toko, biaya transportasi dan yang lainnya. Nah, dari sekian banyak sumber pengeluaran tersebut, Anda pilih beberapa yang bisa dikurangi biayanya.

Sebagai contoh misalnya, Anda melakukan pengurangan biaya operasional dengan memanfaatkan software atau aplikasi khusus untuk melakukan pembukuan. Selain bisa mengurangi pengeluaran untuk menggaji tenaga keuangan yang banyak, adanya aplikasi ini juga bisa mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan pembukuan secara manual.

Itulah tadi 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pemasukan dari usaha online. Promosi yang tepat guna, kerja sama dengan marketplace, dan apresiasi pelanggan merupakan beberapa langkah yang tepat untuk dilakukan. Jangan lupa juga untuk mengurangi biaya operasional, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi BukuWarung, untuk keperluan pembukuan usaha.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *